HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KB DENGAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR KB SUNTIK DEPO MEDROKSI PROGESTERON ASETAT GRATIS DI DESA MURYOLOBO KECAMATAN NALUMSARI KABUPATEN JEPARA
ABSTRAK
HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KB DENGAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR KB SUNTIK DEPO MEDROKSI PROGESTERON ASETAT GRATIS DI DESA MURYOLOBO KECAMATAN NALUMSARI KABUPATEN JEPARA
AIMMATUL LATIFAH
120119013
Upaya pemerintah untuk menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi adalah dengan memasyarakatkan program Keluarga Berencana yang memastikan bahwa setiap orang atau pasangan mempunyai akses ke informasi dan pelayanan Keluarga Berencana agar dapat waktu yang tepat untuk kehamilan, jarak kehamilan dan jumlah anak (Saifudin, 2014).
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan KB terhadap tingkat kepuasan akseptor KB suntik DMPA gratis di Desa Muryolobo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik korelasional dengan rancangan cross sectional. Berdasarkan teknik total sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 30 responden kepada ibu ber KB.
Hasil penelitian menunjukkan; Umur ibu sebagian besar pada kelompok umur 31-40 tahun sebanyak 21 orang (70%) dan sebagian kecil pada kelompok umur 20-30 tahun sebanyak 3 orang (10%). Pendidikan ibu di Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara sebagian besar berpendidikan SD sebanyak 15 orang (15%) dan paling sedikit berpendidikan SLTA sebanyak 3 orang (10%). Mutu pelayanan KB suntik DMPA di Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara sebagian besar mempunyai mutu yang baik sebanyak 26 orang (86,7%) dan yang paling sedikit mempunyai mutu yang kurang sebanyak 4 orang (13,3%). Kualitas pelayanan KB di Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara sebagian besar mempunyai kualitas yang memuaskan sebanyak 27 orang (90%) dan yang paling sedikit mempunyai kualitas yang kurang memuaskan sebanyak 3 orang (10%). 30 responden, 3 (75%) responden mendapatkan pelayanan dengan mutu kurang dan merasa kurang puas, 1 (25%) responden mendapatkan pelayanan dengan mutu kurang tetapi merasa puas, 0 responden yang mendapat pelayanan dengan mutu baik namun merasa kurang puas, 26 (100%) responden mendapat pelayanan dengan mutu baik dan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Terdapat hubungan antara Mutu pelayanan KB terhadap tingkat kepuasan akseptor KB suntik di Puskesmas Margoyoso I dengan chi square = 21,667 dan p value = 0,000
Petugas pemberi pelayanan diharapkan lebih meningkatkan pelayanan yang baik dan bermutu kepada akseptor KB terutama untuk keluarga miskin, ini dapat dilakukan dengan cara memberikan informasi secara jelas, benar, dan lengkap kepada pasien.
Kata kunci : KB Suntik, Mutu Pelayanan dan Tingkat Kepuasan
Detail Information
Citation
. (2020).HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KB DENGAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR KB SUNTIK DEPO MEDROKSI PROGESTERON ASETAT GRATIS DI DESA MURYOLOBO KECAMATAN NALUMSARI KABUPATEN JEPARA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd