HUBUNGAN EMPHATY DAN RESPONSIVENESS OF CARE PROVIDER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU BERSALIN PENGGUNA BPJS DI RS SEBENING KASIH TAHUN 2020
ABSTRAK
HUBUNGAN EMPHATY DAN RESPONSIVENESS OF CARE PROVIDER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU BERSALIN PENGGUNA BPJS DI RS SEBENING KASIH TAHUN 2020
UMI NASIKHAH AGUSTINA
Program Studi Sarjana Kebidanan
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati
Mutu pelayanan kesehatan berhubungan dengan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Semakin sempurna kepuasan tersebut , semakin baik pula mutu pelayana kesehatan (Satrianegara dan Saleha, 2010).
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Emphaty Dan Responsiveness Of Care Provider Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin Pengguna Bpjs Di Rumah Sakit Sebening Kasih Tahun 2020.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik korelasional dengan rancangan cross sectional. Berdasarkan teknik total sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 responden.
Hasil penelitian menunjukkan; Sebagian besar responden pengguna BPJS berpendapat bahwa petugas kesehatan tanggap terhadap keluhan ibu saat memberikan pelayanan persalinan yaitu sebanyak 40 orang (80%).Sebagian besar responden pengguna BPJS berpendapat bahwa mereka mendapat perhatian dari petugas kesehatan saat memberikan pelayanan persalinan yaitu sebanyak 39 orang (78%).Sebagian besar responden ibu bersalin pengguna BPJS berpendapat bahwa mereka puas dengan pelayanan persalinan di Rumah Sakit Sebening Kasih yaitu sebanyak 36 orang (72%). Ada hubungan dimensi Responsiveness dengan kepuasan pasien bersalin pengguna BPJS di Wilayah Kerja Rumah Sakit Sebening Kasih. Hal ini ditunjukkan dengan nilai X2hitung > X2 tabel (44,3188 > 5,991).Ada hubungan dimensi empathy dengan kepuasan pasien bersalin pengguna BPJS di Rumah Sakit Sebening Kasih. Hal ini ditunjukkan dengan nilai X2hitung > X2 tabel (46,345 > 5,991).
Perlunya peningkatan pelayanan mutu bagi pasien bersalin pengguna BPJS karena dengan pelayanan yang bermutu akan menimbulkan kepuasan pasien sehingga akan bertambah banyak lagi pasien yang bersalin dengan menggunakan BPJS di Rumah Sakit Sebening Kasih.
Kata kunci : Emphaty, Responsiveness Of Care Provider, Tingkat Kepuasan, Ibu Bersalin dan BPJS
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
UMI NASIKHAH AGUSTINA NIM: 120119052 |
Pengarang |
UMI NASIKHAH AGUSTINA - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
|
Subyek |
komunikasi kebidanan
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2020).HUBUNGAN EMPHATY DAN RESPONSIVENESS OF CARE PROVIDER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU BERSALIN PENGGUNA BPJS DI RS SEBENING KASIH TAHUN 2020.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd